Thursday, February 25, 2016

Perbedaan Diploma 1 dan Diploma 3 PKN-STAN

http://4.bp.blogspot.com/-pfz3TiLuoAg/T6zNoyasoUI/AAAAAAAAAGk/LiiESeEjA9c/s1600/road+to+marriage2.jpg 
 
Pada dasarnya, baik pendidikan Diploma I maupun Diploma III Keuangan STAN memiliki kesamaan yaitu sama-sama merupakan anak didik Sekolah Tinggi Akuntansi Negara yang nantinya akan ditempatkan di instansi-instansi pemerintah di bawah naungan Kementerian Keuangan. Baik Prodip I maupun Prodip III juga seleksi masuknya sama yaitu sama-sama melewati Ujian Saringan Masuk (USM) STAN untuk penerimaan mahasiswanya. Namun, ada hal-hal lainnya yang membedakan kedua Prodip tersebut, seperti lamanya masa pendidikan, spesialisasi, golongan, dan sebagainya. So, let’s check this out! J

Masa Pendidikan
                         Program Diploma I STAN ditempuh dalam masa pendidikan 1 tahun (2 semester). Sedangkan untuk Program Diploma III ditempuh dalam masa pendidikan 3 tahun (6 semester). Setiap semesternya STAN menerapkan sistem drop out bagi mahasiswanya yang sudah dinyatakan tidak layak lagi mengikuti pendidikan di STAN. Oleh karena masa pendidikan Prodip I hanya 1 tahun atau 2 semester, maka kemungkinan  untuk ter-DO lebih kecil dibandingkan dengan Prodip III yang harus melewati 6 semester di STAN.

Tempat Kuliah
                         Pendidikan untuk program Diploma I ini bertempat di Kampus STAN Jakarta dan Balai Diklat Keuangan yang tersebar di berbagai daerah di Indonesia, yaitu Medan, Palembang, Yogyakarta, Malang, Balikpapan, Makassar, Cimahi, Manado, dan sebagainya. Sedangkan, Pendidikan untuk program Diploma III ini hanya bertempat di Kampus STAN Jakarta, yaitu Kampus STAN yang berlokasi di Bintaro dan Pusdiklat Bea dan Cukai yang berlokasi di Rawamangun. Khusus untuk Pusdiklat Bea dan Cukai adalah lokasi pendidikan untuk program studi Diploma III Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai. Jadi, program D-III selain Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai pendidikannya semua terpusat di Kampus STAN Bintaro.

Spesialisasi
                         Program Diploma I hanya membuka untuk beberapa spesialisasi saja, sedangkan Program Diploma III membuka untuk seluruh spesialisasi. Dibukanya spesialisasi dan jumlah dari peserta didik yang diterima di spesialisasi tersebut adalah menyesuaikan dengan kebutuhan pegawai di masa yang akan datang.
                         Adapun Spesialisasi pada Program Diploma I adalah sebagai berikut.
  • Prodip I  Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip I  Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip I  Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip I Keuangan SpesialisasiKebendaharaan Negara

                         Program Diploma III membuka untuk seluruh spesialisasi, yaitu:
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Kepabeanan dan Cukai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Kebendaharan Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pengurusan Piutang dan Lelang Negara
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Pajak Bumi dan Bangunan / Penilai
  • Prodip III Keuangan Spesialisasi Akuntansi

Masa Ikatan Dinas
                Masa ikatan dinas menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 188/PMK.01/2014 adalah menggunakan rumus 3n+1 dimana n adalah lamanya masa tempuh pendidikan. Oleh karena itu, untuk Program Diploma I yang masa pendidikannya 1 tahun, maka masa ikatan dinas adalah selama 4 tahun (3(1)+1). Sedangkan untuk Program Diploma yang masa pendidikannya selama 3 tahun, maka masa ikatan dinas adalah selama 10 tahun (3(3)+1).

Golongan
                Setelah lulus dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS), lulusan DI akan diangkat menjadi pegawai golongan II-A, sedangkan lulusan DIII akan diangkat menjadi pegawai golongan II-C. Kenaikan pangkat PNS tiap tingkatan (dari II-A ke II-B dari II-B ke II-C dan seterusnya) yaitu empat tahun sekali dan dimungkinkan kenaikan pangkat dapat dipercepat dengan kesetaraan pangkat. Hal itu dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan di luar jam kerja.Selain itu ada jabatan fungsional pegawai, dimana kebanyakan dari mereka lebih cepat naik pangkat dari pada pejabat struktural.

Gaji
                Untuk besarnya gaji sendiri masing-masing golongan mempunyai jumlah besaran gaji pokok yang berbeda, tentunya semakin tinggi golongan semakin tinggi pula besarnya gaji yang didapat. Namun, besarnya gaji tersebut dapat pula berbeda sesuai dengan instansi mana yang ditempati bekerja. Hal ini karena masing-masing instansi memiliki tunjangan gaji yang berbeda-beda, seperti instansi Direktorat Jenderal Pajak yang memiliki tunjangan gaji paling tinggi di antara instansi-instansi lain di Kementerian Keuangan.

Melanjutkan Pendidikan
                Buat adik-adik yang diterima di Program Diploma I tidak perlu khawatir jika ingin melanjutkan pendidikan. Hal ini karena STAN sendiri membantu adik-adik untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Untuk adik-adik yang lulus Program Diploma I, dapat melanjutkan pendidikan dengan mengikuti Program Diploma III dengan kurikulum khusus. STAN sendiri membuka Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Akuntansi dengan Kurikulum Khusus dan Program Diploma III Keuangan Spesialisasi Pajak dengan Kurikulum Khusus untuk melanjutkan pendidikan adik-adik yang lulus pada Program Diploma I. Setelah lulus Program Diploma III, maka adik-adik dapat melanjutkan kembali ke Program Diploma IV di STAN atau melanjutkan S1 di Perguruan Tinggi lainnya, setelah selesai dapat melanjutkan ke Program Magister, dan Doktor. Sedangkan untuk Program Diploma III, maka adik-adik dapat melanjutkan ke Program Diploma IV yang diadakan di STAN maupun melanjutkan pendidikan ke jenjang S1 di Perguruan Tinggi Lainnya, dilanjutkan ke Program Magister dan Doktor.

                Kesempatan belajar lulusan STAN setelah lulus sangat besar. Mahasiswa STAN yang sudah diangkat menjadi PNS dapat mengikuti tes untuk melanjutkan pendidikannya kembali ke jenjang yang lebih tinggi. Biasanya mahasiswa STAN yang melanjutkan ke Program Diploma III Khusus maupun Program Diploma IV adalah yang mengambil tugas belajar, jadi masih berstatus sebagai pegawai dan mendapatkan gaji namun tidak bekerja untuk sementara waktu.

                Jika ingin meneruskan pendidikan dengan jalur lain seperti kuliah biasa juga bisa. Namun adik-adik harus pintar membagi waktu karena kuliah tersebut biasanya diadakan setelah jam kerja usai yaitu pada malam hari. Jika kuliah sendiri adik-adik juga bisa menggunakan biaya sendiri maupun beasiswa, tergantung adik-adik diterima di program beasiswa ataupun tidak. Setelah lulus adik-adik bisa mengikuti ujian untuk penyetaraan tingkat dan apabila lolos dapat naik golongannya.

Sumber : http://bimbelinfinity.com/2013-10-06-20-59-49/info-usm-stan/183-perbedaan-program-diploma-i-dan-program-diploma-iii-stan

Share this

4 Responses to "Perbedaan Diploma 1 dan Diploma 3 PKN-STAN"

  1. Saya mau bertanya sedikit.
    Apakah ada perbedaan soal usm pkn stan untuk DI dan DIII?

    ReplyDelete
  2. ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

    1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
    – Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
    – Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
    – Drop out takut dimarahin ortu
    – IPK jelek, ingin dibagusin
    – Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
    – Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
    – Dll.
    2. PRODUK KAMI
    Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
    SARJANA (S1, S2)..
    Hampir semua perguruan tinggi kami punya
    data basenya.
    UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
    UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
    UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
    UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
    UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
    UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
    UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
    AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
    UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
    INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
    STIE SUKABUMI YAI
    ISTN STIE PERBANAS
    LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
    STIMIK UKRIDA
    UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
    UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
    UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
    UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
    UNIVERSITAS SAHID DLL

    3. DATA YANG DI BUTUHKAN
    Persyaratan untuk ijazah :
    1. Nama
    2. Tempat & tgl lahir
    3. Pas foto (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
    4. IPK yang di inginkan
    5. universitas yang di inginkan
    6. Jurusan yang di inginkan
    7. Tahun kelulusan yang di inginkan
    8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
    9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
    10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
    11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
    4. Biaya – Biaya
    • SD = Rp. 1.500.000
    • SMP = Rp. 1.500.000
    • SMA = Rp. 2.000.000
    • D3 = 6.000.000
    • S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
    • S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
    (kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
    • D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
    (minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
    • Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

    ReplyDelete