Wednesday, March 2, 2016

Pemeriksaan Tes Kesehatan USM PKN-STAN

http://www.bppk.depkeu.go.id/webbc/images/stories/start%20lari.jpg
Tes kesehatan STAN dimaksudkan untuk mengetahui keadaan kesehatan calon mahasiswanya. Pasti pihak kampus menginginkan mahasiswa sehat secara jasmaninya. Kenapa demikian? Karena nantinya setelah lulus pendidikan akan langsung diangkat menjadi calon pegawai negeri sipil serta diangkat juga jadi PNS sesuai dgn perundang undangan berlaku. So bila kalian ingin masuk perguruan tinggi akutansi plat merah tersebut, kesehatan ente harus bagus ya, hehehe. Namanya jg akan jadi abdi negara harus sehat dong, kalo sakit gimana mengurus urusan negara ataun melayani kepentingan publik. Ingat loh bahwa kesehatan itu sangat penting loh. Orang sehat pasti etos kerjanya tinggi sehingga kinernya pun akan bagus dong.Biasanya kegiatan pengujian ini mulai dilakukan jam 07.00. Jadi usahakan jgn telat yaaang bisa pengaruhi hasilnya nanti. Bagian ini terbagi menjadi dua yaitu:

1. Pengukuran fisik

2. Pengecekan kondisi internal tubuh

Terus tes kesehatan apa aja sih yang diperiksa. Pemerikasaan dalam tahap seleksi ini meliputi: pengukuran  tinggi dan berat badan, periksa tekanan darah, detak jantung, cek gigi, mulut, telinga, hidung, tes mata, bebas dari napza (narkotika, psikotropika dan zat adiktif lainnya).
  1. Pengukuran tinggi dan berat badan. Pengkuran tinggi berat badan dilakukan guna melihat kondisi fisik. Tapi tidak perlu khawatir untuk masalah satu tingi –berat badan. Tidak ada syarat khusus terkain tinggi badan untuk masuk STAN kecuali jurusan bead an cukai. Selain jurusan Bea Cukai, tinggi berapa pun bisa masuk. Begitu jg halnya dengan berat badan, tak terdapat persyaratan khusus kok. Kegiatan ukur tinggi serta berat hanya untuk mengetahui kondisi fisik calon mahasiswa tanpa ada maksud diskriminasi, hehehehhhhei.
  2. Tekanan darah. Pemeriksaan tekenan darah penting dilakukan untuk mengetahui kesehatan sistem peredaran darah serta organ oragnnya. Tensi darah terlalu rendah atau ketinggian tentu menandakan kurang bagus system peredarannya ataupun organnya. Kondisi tersebut sangat erat kaitannya dgn denyut nadi serta kemungkinan serangan jantung.
  3. Detak jantung perlu untuk dipriksa guna mengetahui baik buruknya fungsi jantung. Denyut jantung bisa dijadikan indikator tingkat agresivitas seseorang. Denyuk jantung terlalu cepat menandakan orang super agresif ataupun memiliki karakter gugup minder atapun penakut. Begitu juga sbaliknya bila denyutnya lemah menandakan karakter pasif tanpa banyak gerak dan inisiatif.
  4. Cek gigi hanya sebagai catatan kesehatan rahangnya. Tidak ada syarat khusus sih untuk masalah gigi. Gigi opong jg gak apa apa kok. Gigi pelangi jg tak masalah. Tapi usahakan masih ada giginya. Kalo gak ada sama sekali kan malu hehehai. Pemeriksanya akan ngakak ntar. Selain itu lu pada kaga berani ketawa ataupun senyum bila tidak memiliki gigi sama sekali meskipun hal tersebut tidak mempengaruhi kelulusan.
  5. Pemeriksan mulut bertujuan untuk melihat ada tidaknya penyakit di mulut. Meski jarangorg berpenyakit di daerah mulut, tapi tidak sedikit penyakit krosnis dapat dilihat dari keadaan oral. So yang satu ini cukup penting. Satu lagi perlu kalian perhatikan, jgn ampe saat dicek mulut kalian bau. Entah pemeriksanya bete lagi jadi lu ditulis penyakitan atauu kurang bersih. Ingat loh dalam tes kesehatan akan dipilih yag terbaik. Kalo bau pengujinya jijik malah gak lanjutin, catat kalian kaga sehat mulutnya. Usahakan jgn bau mulutnya, jangan makan makanan beraroma seperti jengkol, bawang putih atapun jenis makanan lain yg menyengat aroma. Meskipun kalian sangat menyukai makanan itu, usahakan kaga memakannya saat itu. Hanya sehari doing kok, malah kira –kiraa satu atau dua aja.
  6. Indera penciuman juga harus dicek, usahakan jangan ada upil yang. Lucu dan jijik deh bila ada upilnya. Kalo lagi flu, ingusnya bersiin aj. Pokoknya jgn ampe jorok lah.
  7. Pengecekan mata dilakukan untuk mengetahui minus mata. Kecuali jurusan bea cukai, tidak ada larangan mata minus berapa asal tidak buta total. Khusus jrusan BD memang memberikan toleransi mata min paling besar 2 dioptri. Akan tetapi bila banyak tidak minus maka akan lebih diprioritaskan. Selain itu jg, jursan tersebut mensyaratkan gak boleh buta warna. Knp tdk boleh? Krn nantinya akan kerja di bagian inspeksi barang –barang ekspot import sehingga bila buta warna dipastikan kesulitan dlm menjalankan tugasnya.
  8. Ketidak tergantungan pada napza jg akan dilakukan. Apakah itu penting? Iya lah, kalo penggunan narkoba dan ekstasi kan secara moral kan hancur. Masa negara dikelola oleh insane kurang bermoral. Mau jadi apa Indonesia bila mereka moralnya bejat jadi aparatur negara. Bisa bisanya hancur dong. Bukannya ngurusin kepentingan publik malah mereka berpesta pora menikmati keindahan dunia menurut mreka padahal semuanya bersifat semu berakibat buruk pada kepribadian serta prilakunya.

Share this

0 Comment to "Pemeriksaan Tes Kesehatan USM PKN-STAN"

Post a Comment